Menu

Palembang, 22 Juni 2020

Berdasarkan Surat Edaran Rektor Universitas Sriwijaya No. 003/UN9/SE.BUK.HT/2020 tentang Pencegahan Wabah Corona Virus Disease (COVID-19) di Lingkungan Universitas Sriwijaya (unduh PDF ), maka Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan memutuskan untuk pelaksanaan Seminar Proposal Tugas Akhir, Sidang Sarjana/Ujian TA, dan Seminar Kerja Praktik yang semula dilaksanakan dengan tatap muka di kelas diganti menjadi dengan metode daring (online). Adapun pelaksanaannya akan dilakukan menggunakan aplikasi Google Classroom dan Video Conference.


A. Daftar Peserta

Daftar nama-nama peserta seminar dan sidang berikut dosen pembimbing/penguji dapat dilihat pada bagian di bawah ini:

  1. Daftar peserta Seminar Proposal TA Kampus Indralaya Periode Juni 2020: unduh PDF
  2. Daftar peserta Seminar Proposal TA Kampus Palembang Periode Juni 2020: unduh PDF
  3. Daftar peserta Sidang Sarjana/Ujian TA Kampus Indralaya Periode Juni 2020: unduh PDF
  4. Daftar peserta Sidang Sarjana/Ujian TA Kampus Palembang Periode Juni 2020: unduh PDF
  5. Daftar peserta Seminar KP Kampus Indralaya Periode Juni 2020: unduh PDF
  6. Daftar peserta Seminar KP Kampus Palembang Periode Juni 2020: unduh PDF


B. Jadwal Pelaksanaan

Jadwal pelaksanaan sidang/seminar periode Juni 2020 metode daring (Google Classroom) diatur sebagai berikut:

  1. Mahasiswa upload file seminar: 22 - 23 Juni 2020
  2. Dosen mereview laporan peserta seminar: 24 - 25 Juni 2020
  3. Mahasiswa menanggapi komentar/pertanyaan dosen (disertai upload kembali laporan yg telah direvisi): 26 - 27 Juni 2020
  4. Dosen memeriksa tanggapan/jawaban peserta: 28 - 30 Juni 2020
  5. Dosen mengisi nilai hasil ujian: 1 - 2 Juli 2020


C. Petunjuk Masuk/Bergabung ke Dalam Kelas

Cara untuk bisa masuk ke dalam kelas-kelas seminar dan sidang yang telah diatur pada Bagian A adalah sebagai berikut:

  1. Google Classroom (alamat web: classroom.google.com) hanya dapat digunakan oleh peserta dengan akun gmail.
  2. Admin jurusan akan mengundang seluruh peserta mahasiswa dan dosen yang telah memiliki akun gmail yang digunakan saat registrasi sidang/seminar sebelumnya.
  3. Peserta yang telah diundang seharusnya menerima notifikasi undangan via email untuk bergabung dalam kelas. Cek juga folder SPAM karena biasanya email undangan ini masuk kesana. Silahkan klik tautan untuk bergabung yang disertakan dalam email tersebut.
  4. Jika peserta sebelumnya mendaftar sidang/seminar mencantumkan email selain gmail, maka peserta mahasiswa dapat menambahkan/bergabung ke dalam kelas secara mandiri dengan cara login terlebih ke Google Classroom menggunakan akun gmailnya yang aktif.
  5. Selanjutnya untuk bergabung ke dalam kelas, pilih menu Gabung ke Kelas dan masukkan Kode Google Classroom yang telah diberikan dalam Bagian A (daftar peserta).


D. Teknis Pelaksanaan Sidang/Seminar

Teknis pelaksanaan atau prosedur sidang/seminar periode Juni 2020 metode daring (Google Classroom) diatur sebagai berikut:

  1. Semua mahasiswa yang telah bergabung dengan kelas ini masing-masing agar membuat postingan dengan melampirkan materinya (4 jenis file) yang terdiri dari: 1) File laporan TA/KP lengkap (format MS. Word: *.docx), 2) file presentasi (format MS. Powerpoint: *.pptx), 3) file video rekaman presentasi mahasiswa (format MP4: *.mp4), dan 4) file scan plagiarisme (plagiarism scanning) laporan TA menggunakan software Turnitin (khusus bagi yang sidang sarjana/ujian TA). Pelayanan software Turnitin dapat dilakukan dengan mengirimkan file laporan TA lengkap (dalam 1 file) dengan format MS. Word dan PDF ke email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..
  2. Video rekaman presentasi wajib menampilkan layar desktop yang berisi powerpoint, disertai suara dan video mahasiswa yang jelas dengan durasi 10 -15 menit (untuk seminar proposal TA) dan 15 - 20 menit (untuk sidang sarjana dan seminar KP). Resolusi video maksimal 720p (HD) agar ukuran video tidak terlalu besar. Video rekaman dapat dibuat menggunakan aplikasi seperti Camtasia, Wondershare Filmora, ScreencastOMatic, Xrecorder, dll. Mahasiswa dapat berimprovisasi secara kreatif dalam pembuatan video tersebut. Agar dihasilkan kualitas audio dan video yang jernih dan jelas, disarankan menggunakan microphone dan video kamera eksternal.
  3. Para dosen pembimbing/penguji dapat menuliskan komentar berisikan saran dan atau pertanyaan langsung kepada mahasiswa melalui postingan mahasiswa, atau dengan cara membuat postingan baru yang berisikan file laporan yang telah dikomentari/direview. Jika tidak ada perbaikan, para dosen pembimbing/penguji tetap wajib memberikan komentar yang berisikan "tidak ada revisi/perbaikan".
  4. Mahasiswa wajib menanggapi dan menjawab seluruh komentar/pertanyaan yang diberikan sesuai dengan yang disampaikan oleh dosen pembimbing/penguji dengan sebaik-baiknya.
  5. Apabila diperlukan, para mahasiswa dan dosen dapat berjanjian waktu untuk melangsungkan tatap muka secara live (baik dengan video dan suara atau hanya suara saja) menggunakan aplikasi FreeConferenceCall, Zoom, Google Meet atau aplikasi lainnya. Namun pastikan koneksi internet baik dan lancar karena biasanya membutuhkan bandwith internet yang cukup besar.
  6. Setelah mahasiswa telah menanggapi dan menjawab semua saran/pertanyaan dari dosen pembimbing/penguji, maka dosen akan mengisi nilai hasil ujian dengan format yang ditentukan jurusan dan kemudian mengirimkan nilai tersebut ke admin jurusan via email untuk direkapitulasi. Hasil ujian yang telah direkapitulasi selanjutnya akan diumumkan melalui postingan kelas ini.
  7. Komponen penilaian ujian adalah: 1) Laporan TA/KP, 2) Penguasaan Mata Kuliah Dasar dan Keahlian Teknik Sipil, dan 3) Sikap Mahasiswa, Cara Menjawab Pertanyaan-Pertanyaan, dan Perlengkapan-Perlengkapan yang Digunakan.
Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com